IAI Terbitkan PSAK 112 tentang Akuntansi Wakaf

IAI Terbitkan PSAK 112 tentang Akuntansi Wakaf

Juni 2018 DSAS-IAI merilis ED SAK Syariah terbaru nomor urut 112 tentang Akuntansi Wakaf. SAK yang mengatur tentang wakaf memang sudah cukup lama ditunggu oleh banyak kalangan, mengingat SAK tentang Zakat dan Infak sudah jauh sebelumnya diterbitkan, yaitu PSAK 109.


Pengembangan wakaf dalam beberapa tahun terakhir memang  menunjukan peningkatan yang cukup signifikan, bahkan sudah menjadi tren dengan hadirnya inovasi pengelolaan wakaf, mulai dari wakaf saham, wakaf asuransi, dan bank wakaf.

Hadirnya SAK yang khusus mengatur tentang wakaf menjadi angin segar bagi perwakafan tanah air. Terutama lembaga yang terlibat langsung dalam pengelolaan wakaf. Sebab sebelumnya, untuk transaksi wakaf belum ada SAK yang mengatur, sehingga acuannya masih mengikuti PSAK 109 tentang Zakat, Infak, dan Shadaqah. Padahal wakaf memiliki karakteristik yang berbeda dengan Zakat, Infak,dan Sahadaqah.

PSAK 112 mengatur akuntansi untuk organisasi nadzir dan organisasi wakif. Nadzir adalah pengelola wakaf, sedang Wakif adalah pihak yang berwakaf. Selain itu juga disajikan ilustrasi pelaporan keuangan untuk wakaf baik untuk nadzir dan wakif.

Kehadiran PSAK 112 ini akan sangat membantu organisasi yang terlibat dalam wakaf dalam upaya meningkatkan lembaga yang tranparan dan akuntabel.

Teks Full PSAK 112 tentang Akuntansi Wakaf dapat dilihat disini BACA  atau klik ini untuk DOWNLOAD

Jasa Penyusunan Laporan Keuangan di Ciayumajakuning

Jasa Penyusunan Laporan Keuangan di Ciayumajakuning

Laporan keuangan adalah gambaran posisi keuangan dan kinerja suatu perusahaan. Dari laporan keuangan banyak hal bisa ketahui, mulai dari posis kekayaan (aset) perusahaan, posisi hutang, posisi modal, tingkat penjualan, jumlah beban yang dikeluarkan, dan keuntungan yang diperoleh. 

Dengan informasi ini kita bisa mengambil keputusan usaha, apakah akan ekspansi, akses permodalan ke bank, beli aset tetap, rekrut karyawan baru, dan lainnya. Bahkan peluang investor masuk ke usaha pun sangat ditentukan oleh informasi pada laporan keuangan.



Bagi anda yang memiliki perusahaan baik perseorangan, CV, dan PT di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan dan wilayah lainnya, namun belum tertib secara pembukuan keuangan dan belum ada laporan keuangan yang terstandar. Kami menawarkan JASA PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN untuk perusahaan anda. 

Jasa Penyusunan Laporan Keuangan terdiri dari laporan :

  1. Laporan Posisi Keuangan atau Neraca
  2. Laporan Laba Rugi
  3. Laporan Arus Kas
  4. Laporan Perubahan Modal
  5. Buku Besar
  6. dan laporan lainnya yang dibutuhkan
Jasa penyusunan laporan keuangan dapat diberikan periodik BULANAN, TRIWULAN, SEMESTERAN, atau TAHUNAN, tergantung dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Data cukup dikirim ke kami via email. Jika diperlukan, kami juga bisa berkunjung ke lokasi perusahaan anda. 

Harga sangat terjangkau. 

Kami berdomisili di kabupaten Cirebon.

Hubungi kami di 082357909050.


Laporan Keuangan sangat penting untuk :
  1. Kebutuhan manajemen dalam pengambilan keputusan
  2. Akses dana ke perbankan
  3. Akses dana ke Investor
  4. Pelaporan perpajakan
  5. dll
Kami sudah berpengalaman memberikan jasa penyusunan laporan keuangan di beberapa perusahaan properti, dagang, jasa, lembaga pelatihan, perusahaan manufaktur, dan perusahan lainya di wilayah CIAYUMAJAKUNING.



Gustani, SEI.,M.Ak.,SAS
Download eBook Pedoman Akuntansi Pesantren

Download eBook Pedoman Akuntansi Pesantren

GUSTANI.ID - Kabar gembira bagi seluruh penggiat pondok pesantren di tanah air yang jumlah nya ribuan bahkan jutaan. Ya per akhir bulan Mei 2018, IAI dan BI menerbitkan buku Pedoman Akuntansi Pesantren. Ini jadi angin segar bagi pengelola pesantren untuk lebih akuntanbel dan transparan dalam mengelola keuangan pesantren.

Buku Pedoman Akuntansi Pesantren disusun mengacu pada Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Pedoman ini diperuntukan bagi pesantren yang sudah berbadan hukum yayasan, artinya aset pesantren telah dipisah dari aset pemilik pesantren.

Terdiri dari 11 Bab, pedoman ini cukup praktis bagi pesantren dalam menyusun laporan keuangan. Laporan keuangan pesantren terdiri :
1. Laporan Posisi Keuangan
2. Laporan Aktivitas
3. Laporan Arus Kas
4. Catatan atas Laporan Keuangan

Ebook Pedoman Akuntansi Pesantren dapat di download DISINI 

PRODUK & JASA

KOLOM SYARIAH

KEISLAMAN

SERBA SERBI

AKTIVITAS PELATIHAN

AUDITING

AKUNTANSI SYARIAH

SEPUTAR AKUNTANSI